Merancang Situs Web Anda Dalam Bentuk Lanskap Kognitif

Lebih banyak penelitian dan penelitian sedang dilakukan untuk menghasilkan strategi pemasaran untuk menarik pengunjung ke situs web. Namun, banyak organisasi gagal menyadari bahwa tujuannya adalah TIDAK untuk menarik pengunjung, tetapi untuk mempertahankan mereka sehingga mereka terus datang kembali. Dua kesalahan umum yang dibuat perusahaan desain web adalah pertama, melakukan situs web yang menarik dan berwarna-warni dan kedua, membebani situs web mereka dengan informasi. Dua kesalahan ini saja dapat merugikan bisnis Anda. Sebagian besar pengguna akan merasa kewalahan dengan situs web yang ramai atau yang berantakan. Oleh karena itu, serupa dengan bagaimana visual merchandising di toko dirancang secara strategis untuk membantu pergerakan pelanggan, situs web dapat dilakukan dengan cara yang sama.

Tujuan artikel ini adalah untuk mengungkap pentingnya memahami peta kognitif pengguna Anda sehingga situs web dapat dirancang dengan cara yang sederhana namun kuat. Orang-orang berbeda dalam kebutuhan informasinya dan karena itu mencari berbagai jenis lanskap untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sama seperti bagaimana konsumen mencari rasa keterlibatan dalam pembelian mereka secara offline, mereka mencari rasa keterlibatan yang sama untuk pengalaman online mereka dan mengharapkan pengalaman interaktif yang sama yang mereka dapatkan secara offline. Namun, interaktivitas web tidak berarti hanya memiliki tombol navigasi dan garis-garis kilat di situs web Anda. Interaktivitas web dalam arti sebenarnya berarti memungkinkan pengguna untuk masuk ke situs web dan berinteraksi dengan semua elemen tanpa membingungkan mereka.

Satu contoh yang sangat bagus adalah situs web Got Milk. Situs web hingga saat ini masih berhasil karena dengan cerdik melibatkan pengguna di tingkat yang lebih dalam. Sebagai contoh, halaman beranda membuka beberapa permainan yang dapat diikuti oleh pengguna seperti The Gladiator, The Hen PMS, dan Bone Chilla. Permainan ini berpusat di sekitar masalah yang dihadapi oleh berbagai jenis orang ketika mereka tidak memiliki cukup kalsium dalam tubuh mereka. Pesannya sama untuk semua; Minum lebih banyak susu tetapi situs web telah dibuat khusus untuk memenuhi berbagai kebutuhan informasi dari berbagai jenis individu. Pengguna diberi kesempatan untuk memilih game yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dan untuk bermain-main fitur untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat kesehatan.

Keberhasilan mendapat Susu situs dapat sebagian besar dikaitkan dengan kemampuan desainer untuk meramalkan peta kognitif pengguna. Salah satu cara manusia mengatasi pemrosesan informasi adalah melalui penggunaan peta mental atau kognitif. Menggunakan peta kognitif atau mental memberi kita sarana untuk menyortir dan menyimpan informasi dari lingkungan kita. Peta kognitif merujuk pada akumulasi pengalaman yang dialami orang dari waktu ke waktu. Berdasarkan ringkasan pengalaman ini, manusia menggambar pada peta kognitif mereka dan mencoba untuk membuat jalan mereka melalui lingkungan. Peta-peta ini sangat mempengaruhi bagaimana perasaan lingkungan terhadap orang itu, apa yang menarik mereka, menarik perhatian mereka dan apa yang diabaikan. Peta kognitif ini sangat berlaku untuk situs web juga.

Orang-orang menyukai lanskap yang koheren, dapat dibaca, misterius dan tidak terlalu rumit. Ketika menerapkan ini ke pembuatan situs web, desainer dapat terlebih dahulu memastikan bahwa elemen dan tekstur yang berlebihan dihapus dan semua elemen berkoordinasi dan melengkapi satu sama lain untuk mencapai koherensi. Ketika semuanya diterapkan secara konsisten, pengguna akan dapat memahami webscape dan tertarik untuk menjelajah. Kompleksitas dan keterbacaan didefinisikan oleh kekhasan. Sangat penting bahwa situs web Anda memiliki tema dan halaman di situs tersebut dirancang untuk melengkapi tema. Tema tersebut membuat situs web menjadi kurang kompleks dan berbeda pada saat yang bersamaan. Komponen yang mudah diingat dalam tema ini akan memungkinkan pengguna menemukan jalan mereka di situs dengan mudah. Last but not least, adalah pengaturan scape web misterius. Alih-alih memberikan semua informasi secara langsung, menarik untuk mempertahankan pengguna Anda dengan memberi mereka kesempatan untuk menjelajah lebih banyak. Got Milk mencapai ini dengan permainannya dan pengguna harus menjelajah untuk mengetahui manfaatnya. Unsur misteri membuat pengguna tetap aktif di situs dan memastikan mereka tetap lebih lama.

Ingat, ketika pengguna target potensial mengunjungi situs Anda yang merupakan indikasi pertama bagi pemahaman suara Anda terhadap pengguna Anda. Seperti yang dikatakan oleh Peter F Drucker, “pilihan tentang manfaat mana yang tepat untuk individu ini atau itu yang dibuat oleh individu saja”. Dengan menggabungkan koherensi, kompleksitas, keterbacaan dan misteri ke dalam desain web Anda, Anda akan dapat memanfaatkan peta kognitif pengguna dan memungkinkan mereka merasa nyaman di webscape mereka.